Puting Beliung Rusak Tujuh Rumah Warga di Desa Menyali

Menyali, Tujuh rumah warga rusak akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi Minggu (15/08) malam.

Bencana alam angin puting beliung merusak enam rumah warga di Banjar Dinas Kawanan dan satu rumah di Banjar Dinas Kanginan Desa Menyali Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Peristiwa tersebut terjadi Minggu (15/08) sekitar pukul 20.00 wita. Warga menuturkan kejadian saat bencana terjadi. Saat itu angin besar berangsur-angsur muncul dari utara kemudian memutar menyapu pepohonan dan bangunan yang dilewati sepanjang 200 meter. Untungnya tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Salah seorang warga Ketut Cariana mengungkapkan saat peristiwa terjadi dirinya sedang melayat kerumah tetangga yang tidak jauh dari rumahnya. Kemudian angin besar tiba-tiba datang dan spontan ia melakukan live di sosial media. Merasa angin sudah reda ia pun berlari pulang kerumah. Bangunan kamar mandi Cariana yang terpisah dengan bangunan utama juga ikut terdampak. “Ni rumah kakak saya hancur, kamar mandi hancur, sekitar 15 menit kejadiannya, balik anginnya ini jadi saya masuk sama anak-anak,”ujarnya.

Sementara itu rumah Ketut Susilawati, juga rusak parah. Atap bangunan rumah ikut terhempas saat angin puting beliung menerjang rumahnya. Beruntung ia, suami, dan anak-anaknya dapat keluar rumah tepat waktu untuk mengamankan diri. Untuk sementara keluarga Ketut Susilawati masih menempati rumah tersebut meski atap kamarnya rusak. “Disini saya kanggoin dulu saya disini mengungsi, atapnya dan temboknya runtuh,”ungkapnya.

Perbekel I Made Jaya Harta menjelaskan peristiwa angin puting beliung ini diperkirakan menimbulkan kerugian sebesar 200 juta rupiah. Ada dua rumah yang terdampak paling parah. “Ini baru pertama kali, ini parah sekali dan saya akan melaporkan dulu dan kita menunggu tindak lanjutnya,”pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kalak BPBD Buleleng Putu Ariadi Pribadi mendapat laporan adanya bencana angin puting beliung, langsung menerjunkan timnya kelapangan untuk mendata kerusakan. Karena secara keseluruhan kerusakan ada pada atap rumah, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perkimta Buleleng untuk mendapatkan perbaikan. Selain itu, angin puting beliung juga menyebabkan puluhan pohon tumbang bahkan hingga menutupi jalan. Pohon tumbang juga mengakibatkan banyak kabel listrik yang putus. Namun tidak lama berselang sudah mendapat penanganan dari PLN.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI