Hadapi PLP, Ratusan Mahasiswa Undiksha Diberikan Pembekalan

Banjar Jawa, Sebanyak 833 mahasiswa mengikuti pembekalan sebelum terjun langsung mengikuti Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Pembekalan dilakukan dalam beberapa sesi. Yaitu sesi mandiri dilakukan mahasiswa di laman LP3M terkait materi tri hita karana, strategi pembelajaran daring, media pembelajaran daring, pedoman PPL dan sistem informasi. Serta sesi daring yang diisi oleh beberapa narasumber.

Ketua Panitia PLP Mas Dewantara menyampaikan ada 242 sekolah di tujuh provinsi yang menjadi mitra Undiksha untuk melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan atau umumnya disebut PPL Real. “Sebelumnya peserta telah mengikuti pembekelan secara mandiri melalui web LP3M disana sudah ada materi yang kita berikan,”ujarnya.

Kepala LP3M I Made Ardana dalam kesempatan itu menjelaskan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, hingga menilai siswa pada pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Guru juga wajib memiliki kualifikasi akademik dan sejumlah kompetensi seperti profesional, kepribadian, dan PLP. Artinya, keutuhan penguasaan kompetensi harus dikuasai dengan baik. Tidak hanya di satu kompetensi namun semuanya. Jika menguasai tiga kompetensi maka bisa menjadi guru di hati murid. “Ketika kita membelajarkan siswa maka kita sebagai guru harus didasarkan pada latar belakang peserta didik bagaimana lingkungannya sehingga kita dituntut untuk membuat metode pembelajaran yang tepat,”ujarnya.

Made Ardana menambahkan tujuan pendidikan ada dua, yaitu memfasilitasi pengetahuan siswa agar bagus, serta memfasilitasi pengetahuannya menjadi peserta didik yang bijak atau membentuk karakter. Saat ini perusahaan lebih menekankan karakter positif yang telah tertanam pada individu masing-masing dibandingkan pengetahuan yang dimiliki. “Intinya untuk mengubah karakter tidak mudah sehingga karakter yang perlu kita tularkan kepada anak didik kita,”pungkasnya.

Dengan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki dosen pembimbing dan guru pamong akan memberikan pengalaman kontekstual lapangan yang akan meningkatkan kompetensi mahasiswa secara utuh dan siap kerja.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI