Rasakan KIPI Pasca Vaksinasi Pertanda Tubuh Masih Berfungsi Normal

Banyuning, Tidak sedikit masyarakat yang merasakan kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI usai menjalani vaksinasi.

Merasakan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi disingkat KIPI usai vaksinasi merupakan hal yang wajar. Artinya saraf di tubuh masih berfungsi dengan baik. Hal itu diungkapkan Salah satu dokter spesialis penyakit dalam dr Putu Arya Nugraha usai menjalani vaksinasi tahap III di Aula SMK Negeri 3 Singaraja Kamis 05 Agustus 2021.

Dokter Arya Nugraha mengungkapkan pasca vaksinasi yang paling sering dirasakan adalah nyeri dibagian tubuh yang disuntik. Masih merasakan nyeri patut disyukuri karena tanda tubuh yang masih normal, dan syaraf dapat merasakan sensasi nyeri. “Jadi nyeri itu yang menyelamatkan manusia sebanarnya, jadi nyeri adalah bagian proteksi manusia,”ujarnya.

Dokter Arya Nugraha yang juga Dirut RSUD Buleleng ini mengatakan jika merasakan KIPI, masyarakat tidak perlu khawatir karena penanganannya bersifat simptomatik. “Keluhan apa yang dirasakan obat itu yang diberikan, jadi sifatnya menangani sesuai keluhan,”pungkasnya.

Menurut dokter Arya, tenaga kesehatan yang merupakan penyintas covid-19 baru tidak diberikan vaksin. Hal ini karena mereka masih memiliki kekebalan tubuh yang kuat.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI