Ratusan Nakes Sudah Jalani Vaksinasi Tahap III

Banjar Tegal, Ratusan tenaga kesehatan, nakes di Buleleng sudah menjalani vaksinasi tahap III sebagai vaksin booster.

Vaksin tahap tiga yang diprioritaskan kepada tenaga kesehatan sudah berjalan sejak 28 Juli 2021. Menurut catatan satgas penanganan covid-19 Buleleng dari jumlah sasaran 3.676 tenaga kesehatan, sebanyak 3.964 nakes sudah menjalani vaksinasi tahap I, sementara 3.820 sudah menjalani vaksin tahap II. Hingga Selasa 03 Agustus 2021 sekitar 347 nakes sudah mendapat vaksinasi tahap tiga. Berbeda dari vaksin tahap satu dan dua, para tenaga kesehatan akan mendapat vaksin moderna untuk tahap III. Vaksin ini sesungguhnya bernama mRNA-1273, dibuat oleh perusahaan bioteknologi Moderna asal Cambridge, Massachusetts. Vaksin dari perusahaan bioteknologi di Amerika Serikat ini diberikan kepada Indonesia untuk membentuk herd immunity apalagi nakes sebagai garda depan penanganan penyebaran Covid-19.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Gede Suyasa menyebutkan Kabupaten Buleleng mendapat jatah 240 vial vaksin moderna yang sama dengan 3.200 dosis. “Ini akan berjalan sampai semua nakes bisa, tadi kan ada perubahan dengan catatan sebelumnya,”ujarnya.

Gede Suyasa menjelaskan program vaksin tahap III atau vaksin booster ini dilakukan sesuai dengan kajian pusat. “Bagian dari Kemenkes bahwa ternyata nakes yang sudah vaksin dua kali bisa terpapar maka diberikan untuk yang ketiga ini kebijakan nasional dan kita menjalankan ini khusus nakes,”ungkapnya.

Untuk diketahui, Vaksin Moderna merupakan vaksin untuk Covid-19 pertama yang mendapatkan emergency authorization use dari BPOM, dengan menggunakan platform mRNA. Jika umumnya vaksin Covid-19 menggunakan komponen virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan, vaksin mRNA mengandung materi genetik yang direkayasa, sehingga menyuplai kuman atau virus tertentu.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI