Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2020 Disahkan, Banggar Soroti WTP

Paket Agung, Badan Anggaran DPRD Buleleng dalam laporannya menyoroti raihan WTP yang telah berturut-turut diraih kabupaten Buleleng terkait pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Usai dilakukan penyampaian pendapat akhir dari fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Buleleng atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, Dewan kembali mengadakan Rapat Paripurna guna menyetujui Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2020 menjadi Peraturan Daerah, Kamis (29/7) di Ruang Rapat Sidang Utama Kantor DPRD Buleleng secara daring.

Dalam rapat tersebut juru bicara Badan Anggaran DPRD Buleleng I Wayan Masdana menyatakan terkait dengan laporan hasil pelaksanaan pembahasan Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Buleleng tahun Anggaran 2020, Badan Anggaran telah menyampaikan beberapa pandangan dan pertanyaan atas hasil pelaksanaan APBD Tahun 2020 berkenaan dengan Realisasi Pendapatan Daerah utamanya PAD, Realisasi Belanja Daerah terutama serapan Belanja Tak Terduga (BTT) serta Penanganan kemiskinan dan pengangguran yang jumlahnya meningkat akibat Pandemi Covid-19, termasuk realisasi program perlindungan sosial kepada masyarakat.

Badan Anggaran DPRD Kabupaten Buleleng menurut Wayan Masdana juga memberikan apresiasi terhadap Bupati Buleleng beserta seluruh jajarannya karena telah meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sudah diraih tujuh kali berturut-turut sejak tahun anggaran 2014 oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng. Selain itu, kualitas penyajian laporan keuangan yang baik juga harus diimbangi dengan capaian optimal pada indikator capaian pembangunan lainnya. “Misalnya pertumbuhan ekonomi yang dapat di minati secara lebih merata oleh masyarakat, pada prinsipnya kita ssemua berharap WTP yang kita peroleh semakin berkualitas,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST dalam penyampaian pendapat akhir Bupati tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Buleleng Tahun Anggaran 2020 berharap kerjasama yang telah terbina dengan baik antara pihak eksekutif dan DPRD Buleleng dapat ditingkatkan sehingga terwujudnya pembangunan Kabupaten Buleleng yang berkelanjutan. “Pada kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada legeslatif karena secara seksama sudah merancang secara rinci dan mendapatkan kesepakatan,”ungkapnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI