Kenalkan Alam Sejak Dini, Pokmaswas Teluk Sumberkima Bentuk Sekolah Alam

Sumberkima, Sebagi upaya untuk memperkenalkan serta mencintai alam sejak dini, Pokmaswas Teluk Sumberkima ajak anak-anak belajar di alam sekitar melalui sekolah alam.

Ditengah pandemi Covid-19  tak menyurutkan semangat Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Teluk Sumberkima, Desa Sumberkima untuk terus berinovasi dalam upaya menjaga kelestarian alam yang ada diwilayahnya salah satunya dengan membentuk sekolah alam yang diberi nama Tunas Harapan.

Ketua Pokmaswas Teluk Sumberkima Putu Mangku Mariasa dikonfirmasi mengungkapkan, Sekolah Alam ini telah digagas seiring dengan terbentuknya Pokmaswas Teluk Sumberkima, dimana tujuannya sebagai wadah untuk generasi muda untuk belajar mengenal alam sejak dini terlebih disaat kondisi pandemic seperti saat ini. “Sekolah alam di desa Sumberkima ide nya tercetus dari kelompok pokmaswas, dan terbentuknya sekolah ini anak-anak bisa memahami alam dengan baik,”ujarnya.

Lanjut Mangku Mariasa menambahkan, saat ini pihaknya mulai mengajak anak-anak mulai tingkat sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 6 untuk berkegiatan salah satunya dengan menjaga kebersihan kawasan pantai, melakukan edukasi tentang mangrove serta kegiatan lainnhya yang berbasis alam. “Dari pesertanya kita rekrut dari anak-anak SD, yang bisa diarahkan dan ubah mindset nya,”ungkapnya.

Untuk kedepan, Mangku Mariasa mengungkapkan, pihaknya akan mulai melakukan pengembangan baik dari segi kegiatan, formalitas organisasi jika dirasa antusias serta dukungan dari semua pihak sudah mulai meningkat. “Target pengembangkan kedepan adalah kita melihat antusias anak-anak dan antusias masyarakat dan dari pemerintah desa,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI