Rancang Inovasi Pelatihan Guru, Kasek Spenfour Sabet Juara Ajang Lomba GTK Saraswati Award

Sambangan, Atas inovasinya melakukan pelatihan guru untuk pembelajaran jarak jauh, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana berhasil meraih juara dua pada ajang Lomba GTK Saraswati Award 2021.

Pada masa pandemi, untuk meningkatkan inovasi dan produktifitas sekolah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyelenggarakan lomba Guru Tenaga Kependidikan (GTK) dan Penganugerahan Saraswati Award Bidang Inovatif jenjang SMT/Mts Tahun 2021. Ada beberapa kategori dalam lomba GTK diantaranya kategori kepala sekolah, kategori guru, dan kategori tenaga kependidikan.

Dalam ajang tersebut Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana S.Pd.,M.Pd berhasil mendapat juara dua kategori kepala sekolah. Raihan tersebut didapat setelah dirinya merancang pelatihan untuk para guru sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh.

Ditemui disekolah setempat, Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana S.Pd.,M.Pd mengungkapkan inovasi pelatihan guru untuk pembelajaran jarak jauh telah dilakukan sejak tahun lalu dan berkesinambungan. Pihaknya telah menyiapkan tim IT yang bertugas untuk melatih para guru sehingga tidak monoton dalam memberikan pelajaran daring. “Aplikasi pembelajaran itu kita berikan kepada guru oleh tim IT, kemudian kita gayung bersambut pemerintah kan bulan Desember baru menyelenggarakan pelatihan tetepi guru kita sudah diawal siap maka proses pembelajaran kita bisa jamin kualitasnya,”ungkapnya.

Budiastana menambahkan memasuki tahun pelajaran yang baru, dengan pelatihan yang telah didapatkan para guru, SMP Negeri 4 Singaraja siap untuk melaksanakan pembelajaran melalui daring ataupun luring. “Tetap kita siap untuk pembelajaran tatap muka atau online. Mungkin setelah ppkm kita akan mengadakan pelatihan mengunakan blended itu dalam rangka mempersiapkan untuk pembelajaran berikutnya,”ujarnya.

Selain meraih juara dua bidang inovatif kepala sekolah, juara satu juga diraih Guru Matematika Made Wiweka, S.Pd untuk bidang inovatif guru, dan Komang Agus Wiratama, A.Md untuk bidang inovatif tenaga pendidikan. Saraswati Award individu juga diberikan kepada Kepala Sekolah Putu Budiastana dan Guru Matematika Made Wiweka. Serta SMP Negeri 4 Singaraja menerima penghargaan Saraswati Award Satuan Pendidikan.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI