Fokus Kembangkan Fakultas Kedokteran, Undiksha Gelar Diskusi dengan KKI

Pemaron, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berkomitmen untuk mengembangkan fakultas kedokteran yang baru berdiri tahun 2018 lalu. Untuk lebih meyakinkan terkait apa saja hal yang mesti disiapkan untuk meningkatkan kualitas baik SDM, kurikulum, serta lulusan, Undiksha mendatangkan narasumber yaitu Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD.,FINASIM.

Menurut kacamata KKI, pengembangan fakultas kedokteran harus mengacu pada beberapa hal antara lain perkonsil dan permendikbudristek. Namun secara umum, fakultas kedokteran harus bisa menghasilkan dokter yang kompeten dan mampu menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat. Seperti diungkapkan Ketua KKI dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD., FINASIM. “Saya kira melihat dari paparan tadi oleh rektor oleh bupati , dekan, bahwa ini harus didukung semua elemen karena khasnya adalah manusia bukan bangunan karena manusia ini unik dan ini ahrus disepakati oleh banyak orang,”ujarnya.

Sementara itu pengembangan fakultas kedokteran Undiksha disambut baik orang nomor satu di Buleleng. Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST usai menghadiri acara diskusi mengaku akan menyiapkan rumah sakit pendidikan utama dengan menambah dokter spesialis. “Mau tidak mau, undiksha ada motor penggerak ekonomi dan kedokteran adalah bisa dijadikan ikon untuk pengembangan falkutas yang lainnya di Buleleng,”ungkapnya.

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan Undiksha terus memenuhi hasil evaluasi dari KKI. Ini penting agar Undiksha mendapatkan rekomendasi serta mahasiswa yang telah lulus dapat segera memiliki surat tanda registrasi (STR) yang dikeluarkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia. Selain itu, izin dari KKI juga diperlukan untuk membuka program studi kedokteran lainnya. “Persoalan yang dievaluasi kalau ada yang kurang kita benahi, kalau kita kurang di SDM untuk memenuhi, Undiksha berani untuk menjaga agar kedokteran tatap eksis dan menghasilkan lulusan yang baik yang harus kita penuhi dan ini didukung oleh semua,”pungkasnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI