Uji Komprehensif, Bukti Peserta PPG-Daljab Undiksha Kuasai Konten dan Strategi Pembelajaran

Banjar Tegal, Mulai tahun 2021 peserta pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPG-Daljab) harus mengikuti uji komprehensif sebelum mengikuti Praktik Pengenalan Lapangan (PPL). Hal ini dilakukan agar peserta yang akan terjun ke lapangan benar-benar menguasai konten dan strategi pembelajaran. Uji komprehensif merupakan suatu terobosan yang ditemukan oleh pengembang PPG untuk mencetak guru yang bukan hanya sebagai tenaga pengajar, namun juga sebagai tenaga pendidik.

Khusus Peserta PPG-Daljab angkatan II tahun 2021 Undiksha, saat ini tengah memasuki tahap PPL yang berlangsung hingga tanggal 6 Agustus 2021. Sebanyak 352 peserta yang terdiri dari mahasiswa bidang studi bahasa bali, guru kelas SD, guru kelas TK, dan mahasiswa Ilmu Pengetahuan Alam diberikan sosialisasi terkait uji komprehensif oleh Koordinator PPG Undisksha Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd secara virtual.

Koordinator PPG Undisksha Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd menjelaskan PPL merupakan akumulasi pengetahuan yang menjadi ciri personal calon guru professional. Sehingga perlu disiapkan secara matang. Oleh tim pengembang PPG, puncak persiapan peserta PPG sebelum memasuki PPL adalah uji komprehensif. “Jadi sebelum lulus uji komprehensif, peserta tidak diperbolehkan untuk melakukan PPL. Ini semua kita lakukan sesuai dengan pedoman yang ada. Karena kita tetap ingin menjamin mutu,”ungkapnya.

Nurjaya menambahkan menurut tim pengembang PPG, konten dan strategi pembelajaran harus dikuasai seorang guru untuk meminimalisir kesalahan yang sejak dini diajarkan kepada siswa. Yang juga menjadi penekanan adalah guru sebagai pendidik yang bisa menjadi teladan dan motivator. “Kami berharap para pembimbing di tempat PPL juga mengarahkan peserta PPL menjadi tenaga pendidik. Tidak hanya sekedar menjadi pengajar. PPL ini juga membentuk diri pendidik sebagai seorang guru,”imbuhnya.

Terakhir, Gede Nurjaya menargetkan satu karya ilmiah bagi para peserta PPG-Daljab setelah mengikuti PPL dan dipublikasi pada jurnal khusus PPG yang ada. Karya ilmiah tersebut juga sebagai pengembangan diri karena seorang guru diharapkan menjadi pionir pembaharuan didunia pendidikan.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI