Pemdes Patas Siapkan Lahan 5 Are Untuk TPS3R

Patas, Pemerintah Desa Patas di Kecamatan Gerokgak menyiapkan lahan 5 are untuk pembangunan TPS3R.

Masalah sampah merupakan permasalahan klasik yang dihadapi setiap Desa, guna mengurai permasalahan tersebut pemerintah mulai mencari solusi alternative salah satunya pengolahan sampah berbasis sumber dari tingkat keluarga dan tingkat Desa.

Guna mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan , Pemerintah Kabupaten Buleleng telah membangun beberapa unit TPS3R di masing-masing Desa dan di tahun 2021 satu Unit TPS3R kembali dibangun di Desa Patas Kecamatan Gerokgak.

Kepala Desa Patas, Kadek Sara Adnyana dikonfirmasi Kamis, 1 Juli 2021 mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan lahan milik Desa seluas kurang leibih 5 Are untuk dibangun TPS3R sehingga kedepan masalah sampah di Desa Patas bisa ditangani. “Pertama masalah sampah ini semua desa pasti menghadapi, nah untuk desa Patas sebelumnya sudah ada tapi belum maksimal, dengan itu kami mengajukan TPS3R,”ujarnya.

Lanjut Kades Sara Adnyana, kedepan pengolahan sampah yang masuk TPS3R diutamakan yang berupa sampah plastic yang notabena sulit terurai dan diharapkan bisa di olah kembali untuk menjadi barang bernilai ekonomis. “Kalau untuk yang kami utamakan adalah tempat pengolahan sampah yang kami fokuskan an organik,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Gede Melandrat mendukung penuh atas pembangunan TPS3R di Desa Patas tersebut dan berharap bisa dikelola dengan baik sehingga masalah sampah di Desa Patas bisa atasi serta mengurangi beban pemerintah daerah dalam penanganan masalah sampah. “Saya kira adalah sebuah sinergitas guna melakukan langkah langkah pengelolaan sampah berbasis sumber, karena desa yang bersih tidak mengotori desa lain,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI